Iklan


Kolom abu setinggi 1500 meter kembali diluncurkan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatra Utara. Erupsi ini terjadi pada Kamis (25/2) sekitar pukul 10.00 WIB.

Kepala Pos Pemantau Gunung Sinabung Armen Putra mengatakan, kolom teramati dibawa angin condong ke arah timur dan tenggara. Adapun kolom abu yang diluncurkan berwarna kelabu dengan intensitas sedang.

“Erupsi ini terekam dengan amplitudo 66 mm dengan durasi selama 191 detik,” ungkap Armen.

Lebih lanjut, Armen menuturkan bahwa saat ini Gunung Sinabung yang ketinggiannya mencapai 2.460 meter di atas permukaan laut (mdpl) dalam status Level III (Siaga).

Warga dan petani diimbau agar menjauhi dan tidak melakukan aktivitas di lokasi dalam radius 3 km dari puncak gunung maupun di desa-desa yang sudah direlokasi. Begitu pula radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

“Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila ke luar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik,” imbaunya.

Untuk masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung pun diminta agar tetap waspada terhadap bahaya lahar yang dikeluarkan. (EA)

Source/idiespot.id

Baca Juga

Post a Comment

Previous Post Next Post